Rabu, 03 Mei 2017

TEH JINTAN



Pengertian  Teh Jintan

Teh Jintan adalah minuman kesehatan yang bahan utamanya berasal dari jintan putih.
Jintan putih (cuminum cyminum) adalah tanaman yang memiliki asal-usul dari Mesir. Disamping itu, biji jintan putih juga digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional. Biji jintan putih memiliki aroma yang harum dan menarik. Jintan putih dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sejuk, seperti misalnya di daerah india utara dekat kiaki pegunungan himalaya.
Di indonesia meskipun dapat tumbuh, tetapi pada umumnya kurang baik. Jintan putih mempunyai batang kayu dan daunnya bersusun melingkar dan bertumpuk. Daun jintan putih mempunyai pelepah daun seperti ranting-ranting kecil. Bentukdaun jintan putih tidak berwujud lembaran, tetapi lebih mirip benang-benang kaku dan pendek. Warna dominan tumbuhan ini hijau dan bunganya berukuran kecil berwarna kuning tua ditopang oleh tangkai yang agak panjang.

Alat dan Bahan
1.      1 sendok teh biji jintan
2.      air
3.      garam
4.      madu
5.      panci
6.      kompor

Proses Pembuatan
1.      Masukkan satu sendok teh biji jintan dan satu cangkir air ke dalam panci. Panaskan campuran sampai air mulai mendidih.
2.      Kecilkan api dan biarkan mendidih selama sekitar 2-3 menit. Angkat dari api dan tutup panci selama sepuluh menit.
3.      Setelah sepuluh menit teh jintan siap diminum. Anda dapat menambahkan sedikit garam atau madu untuk meningkatkan rasanya

Manfaat Kesehatan Teh Jintan
1.      Teh jintan merupakan ekspektoran ampuh yang memicu proses keluarnya dahak. Dahak yang mudah dikeluarkan akan membantu proses penyembuhan batuk dan masalah tenggorokan serta paru-paru.
2.      Karena sifat antiseptik yang dimilikinya, teh jintan membantu proses penyembuhan berbagai gangguan sistem pernapasan seperti sinusitis, pneumonia, bronkitis, pilek, dll.
3.      Teh jintan dianggap sebagai salah satu obat alami terbaik untuk sakit perut akut atau kolik, terutama pada bayi.
4.      Bidan dalam budaya Latin menggunakan teh jintan untuk menginduksi persalinan. Satu cangkir sehari teh jintan dianjurkan untuk induksi persalinan.
5.      Manfaat lain teh jintan adalah kemampuannya membantu pengobatan infeksi saluran kemih.
6.      Teh jintan kaya akan zat besi sehingga bisa digunakan dalam pengobatan anemia.
7.      Minuman ini bertindak sebagai agen revitalisasi dan efektif digunakan untuk mengatasi kelelahan.
8.      Perut kembung, mual, diare, mual di pagi hari, gangguan pencernaan, dan atonic dyspepsia bisa diatasi dengan minumal herbal ini.
9.      Salah satu manfaat utama teh jintan adalah kemampuannya mengatasi insomnia dan gangguan tidur lain.
10.  Jika Anda sering cegukan, teh jintan bisa menjadi alternatif untuk meredakan keluhan ini.
11.  Teh jintan membantu dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Tambahkan 1-2 tetes jus jahe untuk meningkatkan khasiatnya.
12.   Minuman ini memiliki kemampuan mendetoksifikasi tubuh dan dikenal sebagai pembersih herbal untuk ginjal dan kandung kemih.
13.  Manfaat lain teh jintan adalah kemampuannya bertindak sebagai salep untuk mengobati bisul dan luka.
14.  Anda dapat menggunakan jintan sebagai penyegar mulut. Mengunyah biji jintan panggang atau minum teh jintan secara teratur akan mengurangi produksi air liur berlebih dan menyembuhkan luka mulut.
15.  Meskipun belum terbukti secara ilmiah, teh jintan hitam diyakini bisa mengobati arthritis dan asma.
16.  Teh jintan memiliki sifat anti-karsinogenik yang membantu pencegahan berbagai jenis kanker.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar