I Matematika
Project
Judul Proyek : Matematika Project
Tujuan Proyek : Mengetahui informasi dari hasil
proyek
Sasaran Proyek :
Nilai UAS Bahasa Indonesia Semester Ganjil Kelas XI MIA D
II Materi
Matematika Project
Dalam matematika Project ini akan membahas:
1.
Pengumpulan data
2.
Penyajian data
3.
Menganalisis data
4.
Kesimpulan data
A.
Pengumpulan Data
Ada beberapa cara
mengumpulkan data, diantaranya adalah :
1.
Penelitian langsung (pengamatan)
2.
Wawancara (interview)
3.
Angket (kuensioer)
4.
Mengambil atau menggunakan sebagian atau
seluruh data yang telah dicatat oleh peneliti
Khusus
untuk matematika project ini akan memberikan contoh dari pengumpulan data yaitu
secara penelitian langsung dan menggunakan seluruh data seperti gambar
disamping
B.
Penyajian Data
Data yang dikumpulkan
dapat disajikan dengan beberapa cara sebagai berikut :
1.
Tabel frekuensi
2.
Diagram Lingkaran
3.
Diagram Gambar
4.
Diagram Batang
5.
Diagram Garis
Dari 5 cara itu
matematika Project memilih tabel frekuensi sebagai penyajian data
Pertama, Urutan data
dari yang nilai terendah hingga nilai tertinggi
48,48, 50, 52, 52, 52,
52, 57, 57, 57, 57, 60, 60, 60, 62, 62, 62, 62, 62, 62,62, 62, 65, 67, 67, 67,
67, 67, 70, 70,70, 70, 72, 72, 72, 75, 77
Maka diketahui niali
terendah=48 dan nilai tertinggi= 77
Dari itulah kita dapat
menemukan jangkauan data, banyak kelas dan panjang kelas.
Jangkauan
data
= nilai tertinggi-nilai terendah
= 77- 48
= 29
Banyak
kelas = 1 + (3,3) log n
= 1+
(3,3) log 35
= 1 + (3,3) 1,5
= 1 +4,95
= 5,96
= 6
Panjang
Kelas = jangkauan data : banyak kelas
= 29 : 6
= 4,86
= 5
Tabel
Frekuensi
C.
Menganalisis data
Dalam menganalisis data
akan digunakan:
1.
Ukuran Pemusatan yang meliputi mean,
modus dan median.
2.
Ukuran Leta data yang meliputi kuartil,
desil dan persentil.
3.
Ukuran Penyebaran data yang meliputi
jangkauan data, simpangan kuartil, simpangan rata-rata dan simpangan baku.
Istilah-istilah dalam
menganalisis data
F= frekuensi
X= nilai tengah
Xs= nilai sementara
d= X-Xs
c= panjang interval
kelas
U= d:c
n = banyak data
Tb= tepi bawah
Mo= Modus
Me= median
d1 = Frekuensi kelas modus- frekuensi kelas
sebelumnya
d2 = Frekuensi kelas modus- frekuensi kelas
sesudahnya
Fk = frekuensi
kumulatif
Tabel Menganalisis Data
Ukuran
Pemusatan
a)
Mean
Ada
3 cara untuk mencari mean tetapi untuk project ini digunakan 2 cara yaitu :
1) x = ∑fx : ∑f
= 2145:35
= 61,28
2) x = Xs + ∑fd : ∑f
=
60 + 45:35
=
60 + 1,28
=
61,28
b)
Median
Dari
tabel menganalisis data, kami memilih kelas ke 3 yang nilai 58-62 serta
frekuensi kelas terbanyak yaitu 10 sehingga :
Diket
: Tb= 57,5
Fk=
10
c=5
Ditan: Me?
Jawab :
Me= Tb + (n:2- Fk) . C
Fm
=
57,5 + (35:2-10) 5
10
= 57,5 + (17,5-10) 5
10
= 57,5 + 7,5 X 0,5
= 57,5 + 3,75
= 61,25
c)
Modus
Dari
tabel menganalisis data, kami memilih kelas ke 3 yang nilai 58-62 serta
frekuensi kelas terbanyak yaitu 10 sehingga :
Diket
: Tb = 57,5
d1 =10-3= 7
d2
= 10-6 = 4
C = 5
Ditan:
Mo?
Jawab
:
Mo=
Tb + [d1 : (d1 + d2 )] c
=57,5 + [7: (7+4)] 5
= 57,5 + (7:11)5
= 57,5 + 35:11
= 57,5 + 3,18
= 60,68
Tidak ada komentar:
Posting Komentar