MATEMATIKA
PROJECT
Judul Proyek : Statistika
Tujuan Proyek :
Menentukan ukuran statistika dari sasaran proyek
Sasaran Proyek : Nilai
UAS Bahasa Indonesia Semester Ganjil Kelas XI MIA D Tahun 2014/2015
Matematika
Project
Dalam matematika Project ini akan membahas:
A. Pengumpulan
data
- Penyajian data
- Menganalisis data
- Kesimpulan data
A.PENGUMPULAN DATA
Ada beberapa cara mengumpulkan data, diantaranya adalah :
- Penelitian langsung (pengamatan)
- Wawancara (interview)
- Angket
- Mengambil atau menggunakan sebagian atau seluruh data yang telah dicatat oleh peneliti
Khusus untuk
matematika project ini akan memberikan contoh dari pengumpulan data yaitu
secara penelitian langsung dan menggunakan seluruh data seperti gambar
disamping
B.PENYAJIAN
DATA
Data
yang dikumpulkan dapat disajikan dengan beberapa cara sebagai berikut :
- Tabel frekuensi
- Diagram Lingkaran
- Diagram Batang
- Diagram Garis
Dari 4
cara itu matematika Project memilih tabel frekuensi sebagai penyajian data
Urutan data
48,48, 50, 52, 52, 52, 52, 57, 57,
57, 57, 60, 60, 60, 62, 62, 62, 62, 62, 62,62, 62, 65, 67, 67, 67, 67, 67, 70,
70,70, 70, 72, 72, 72, 75, 77
Maka diketahui nilai terendah=48 dan nilai tertinggi= 77
Dari itulah kita dapat menemukan jangkauan data, banyak
kelas dan panjang kelas.
Jangkauan data = nilai tertinggi-nilai terendah
=
77-48
= 29
Banyak kelas = 1 +
(3,3) log n
= 1+ (3,3) log 35
=
1 + (3,3) 1,5
= 1 +4,95
= 5,96 = 6
Panjang Kelas = jangkauan data : banyak kelas
= 29 : 6
= 4,86
= 5
Tabel Frekuensi
C.MENGANALISIS DATA
Dalam menganalisis data akan digunakan:
- Ukuran Pemusatan yang meliputi mean, modus dan median.
- Ukuran Letak data yang meliputi kuartil, desil dan persentil.
- Ukuran Penyebaran data yang meliputi jangkauan data, simpangan kuartil, simpangan rata-rata dan simpangan baku.
Istilah-istilah dalam menganalisis data
F= frekuensi
X= nilai tengah
Xs= nilai sementara
d= X-Xs
c= panjang interval kelas
U= d:c
n = banyak data
Tb= tepi bawah
Mo= Modus
Me= median
d1 =
Frekuensi kelas modus- frekuensi kelas sebelumnya
d2 =
Frekuensi kelas modus- frekuensi kelas sesudahnya
Fk = frekuensi kumulatif
Tabel Menganalisis data
Dari tabel menganalisis data maka diketahui
∑f = 35
∑fx = 2145
∑fd = 45
∑fd2 =
2075
∑fu = 9
∑fu2 =
83
Ukuran
Pemusatan
Mean (rata-rata)
Ada 3 cara untuk mencari mean tetapi untuk project ini
digunakan 2 cara yaitu :
1) x
=
=
= 61,28
2) x = Xs +
= 60 +
= 60 +
1,28
= 61,28
Median
Dari tabel menganalisis data, kami memilih kelas ke 3 yang
nilai 58-62 serta frekuensi kelas terbanyak yaitu 10 sehingga :
Diket : Tb= 57,5
Fk= 10
c=5
Ditan: Me?
Jawab :
Me = Tb + C
= 57,5 + X 5
= 57,5 + X 5
= 57,5
+ 7,5 X 0,5
= 57,5
+ 3,75
= 61,25
Modus
Dari tabel menganalisis data, kami memilih kelas ke 3 yang
nilai 58-62 serta frekuensi kelas terbanyak yaitu 10 sehingga :
Diket : Tb = 57,5
d1 =10-3= 7 d2 = 10-6 = 4 C = 5
Ditan: Mo?
Jawab :
Mo= Tb + [ ] c
=57,5 + [ ] 5
= 57,5
+ 5
= 57,5
+
= 57,5
+ 3,18
= 60,68
Ukuran Letak Data
Kuartil
Q1?
Letak Q1
= 8,75 = 9
Diket : Tb =
52,5
Fk = 7 FQi = 3
Ditanya : Q1?
Jawab :
Q1
= Tb + c
= 52,5 + ( ) . 5
= 52,5 + . 5
= 52,5 +
= 55,6
|
Q2?
Letak Q2
=
Diket : Tb =
57,5
Fk = 10
FQ2
= 10
Ditanya : Q2?
Jawab :
Q2
= Tb + c
= 57,5 + . 5
= 57,5 + () . 5
=57,5 + 4 = 61,5
|
Letak Q3
=
Diket : Tb =
62,5
Fk = 20
FQ3 = 6
Ditanya : Q3?
Jawab :
Q3
= Tb + () . c
= 62,5 + ( ) . 5
= 62,5 + () . 5
= 62,5 + 5
=
67,5
|
Desil
Desil membagi 10 bagian dgn
ukuran data n>10. Hal ini berarti ada D1, D2, D3,…,
D9
Rumus:
D1?
Letak D1
= 3,5
Diket :
Tb = 47.5
∑Fk
= 0
FD1 = 7
c = 5
Ditannya : D1?
Jawab :
D1 = Tb + ( )c
= 47,5 + ()5
= 47,5 +. 5
= 47,5 + 0,5.5
= 47,5 + 2,5
= 50
|
D2?
Letak D2
= =7
Diket :
Tb = 47.5
∑Fk = 0
FD2 = 7
c = 5
Ditanya : D2?
Jawab :
D2
= Tb + ( )c
= 47,5 + () . 5
= 47,5 +.5
= 47,5 + 1. 5
= 47,5 + 5
= 52,5
|
D3?
Letak D3
= = 10,5
Diket :
Tb = 57.5
∑Fk = 10
FD3 = 10
Ditanya : D3?
Jawab :
D3
= Tb + ( )c
= 57,5 + ()5
= 57,5 +. 5
= 57,5 + 0,05 .5
= 57,5 + 0,25
= 57,75
|
D4?
Letak D4 = = 14
Diket
:Tb = 57.5
∑Fk = 10
FD4 = 10
c = 5
Ditannya : D4?
Jawab :
D4
= Tb + ( )c
= 57,5 + () 5
= 57,5 + . 5
= 57,5 + 0,4 . 5
= 57,5 + 2
= 59,2
|
D5?
Letak D5 ==17,5
Diket : Tb = 57.5
∑Fk = 10
FD5 = 10
c = 5
Ditannya : D5?
Jawab :
D5
= Tb + ( )c
= 57,5 + () 5
= 57,5 +. 5
= 57,5 + 1,08 .
5
= 57,5 + 5,4
= 62,9
|
D6?
Letak D6 = 21
Diket : Tb =62,5
∑Fk = 20
FD6 = 6
c = 5
Ditannya : D6?
Jawab :
D6 = Tb + ( )c
= 62,5 + () . 5
= 62,5 + 5
= 62,5 + 0,83
= 63,33
|
D7?
Letak D7 = 24.5
Diket : Tb =62,5
∑Fk = 20
FD8 = 6
c = 5
Ditannya : D7?
Jawab :
D7
= Tb + ( )c
= 67,5 + () . 5
= 67,5 + ().5
= 67,5 + 0,225.5
= 67,5 + 1,125
= 68,625
|
D8?
Letak D8 = 28
Diket : Tb = 67.5
∑Fk = 26
FD8 = 7
c = 5
Ditannya : D8?
Jawab :
D8
= Tb + ( )c
= 67,5 + () . 5
= 67,5 + ()5
= 67,5 + 0,28.5
= 67,5 + 1,4
= 68,9
|
D9?
Letak D9 = 31,5
Diket :Tb
= 67.5
∑Fk = 26
FD9 = 7
c = 5
Ditannya : D9?
Jawab :
D9
= Tb + ( )c
= 67,5 + () . 5
= 67,5 + ()5
= 67,5 + 0,78.5
= 67,5 + 3,9
= 71,4
|
Persentil
Persentil membagi data menjadi 100.
Hal ini berarti sekumpulan data yang terurut memiliki 99 nilai persentil
Rumus Persentil :
|
Menghitung Persentil Data
P25 ?
Letak P25 = = 8,75
Diket : Tb =52,5
Fk = 7
FP25
= 3
Ditan : P25 ?
Jawab :
P25 = Tb +
= 52,5 + (8,75-7)5
3
= 52,5 + () 5
= 52,5 + 0,58.5
= 52,5 + 2,9
= 55,4
|
P50 ?
Letak P50 = = 17,5
Diket : Tb =57,5
Fk = 10
FP50
= 10
Ditan : P50 ?
Jawab :
P50 = Tb +
=
57,5 + (17,5-10)5
10
= 57,5 + ()5
= 57,5 + 0,75.5
= 57,5 + 3,75
= 61,25
|
Ukuran
Penyebaran
Ukuran penyebaran
terbagi atas:
Jangkauan data
Jangkauan data = nilai tertinggi – nilai terendah
= 77-48
= 29
|
Simpangan kuarti (Qd)
Qd = (Q3 – Q1)
= (67,5-55,8)
= .
11,7
= 58,5
|
Simpangan
rata-rata
SR =
=
= 6,32
|
Ragam
S2 = ∑Fd2
– (∑Fd)2
∑F
∑F
= – ()2
= 59,28 – (1,28)2
= 59,28 – 1,6384
= 57,6416
=
57,6
|
Simpangan
baku
S =
=
= 7,6
|
D.KESIMPULAN
DATA
Dari hasil menganalisis data maka dapat disimpulkan bahwa
Kesimpulannya gimana ya ?
BalasHapusmaaf baru diperbarui
HapusBanyak kecelakaan di kota b dari tahun 2009-2015 sebagai berikut
BalasHapus